-->

Senin, 03 Oktober 2016

Amankah Ibu Hamil Mandi di Bak Air Panas

Amankah Ibu Hamil Mandi di Bak Air Panas

BERENANG di bak mandi air panas mungkin menjadi cara utama untuk bersantai. Air hangat bisa menenangkan otot-otot dan bak mandi untuk banyak orang membuat orang bisa menghabiskan waktu untuk bersosialisasi. Namun, apakah ini aman untuk ibu hamil?

Selama kehamilan, kolam air panas harus digunakan dengan hati-hati atau tidak sama sekali. Suhu air di bak mandi air panas tidak boleh melebihi 40 derajat Celsius. Terlalu lama duduk di air panas dapat meningkatkan suhu tubuh, yang dapat menyebabkan masalah kesehatan Anda dan janin.

Selama kehamilan, suhu tubuh Anda tidak boleh di atas 39 derajat Celsius. Kenaikan suhu tersebut dapat dengan mudah terjadi jika Anda menghabiskan 10 sampai 20 menit dalam bak air panas dengan suhu air 40 derajat Celsius.

Tindakan pencegahan ini sangat penting selama trimester pertama ketika kenaikan suhu dapat menyebabkan cacat lahir, seperti otak, dan kecacatan sumsum tulang belakang selama trimester pertama. Paparan panas seperti itu bahkan bisa sebabkan keguguran.

Bahaya kuman juga merupakan kekhawatiran lain terkait dengan penggunaan bak mandi air panas saat hamil. Tapi desinfeksi yang tepat dan pemantauan teratur dapat membantu menghilangkan risiko dan menjaga kontaminan yang tidak diinginkan.

Jika Anda memiliki bak mandi air panas, pastikan Anda menggunakan desinfektan yang tepat dan menguji air untuk mengecek tingkat klorin bebas yang harus berada di antara 2 dan 4 ppm, dan jika menggunakan brom harus antara 4 dan 6 ppm, dengan pH harus antara 7,2 dan 7,8.

Jika Anda tidak memiliki bak mandi air panas tapi ingin mendapat ketenangan pikiran, ujilah air Anda atau meminta bantuan agar air kolam pemandian diuji secara teratur. Demikian seperti dilansir dari Healthline, Senin (3/10/2016).( Okezone )

Previous
Next Post »